Menu Telur Balado Untuk Berbuka Puasa Di Bulan Ramadhan

Menu Telur Balado Untuk Berbuka Puasa Di Bulan Ramadhan

Weakendo - Hampir tidak mungkin ada orang Indonesia yang tidak mencintai masakan khas Minang. Cita rasa yang kayak akan rempah serta terkenal pedas pastinya menggugah selera siapapun yang melihatnya. Bagi para penggemar masak, baik pemula ataupun profesional, masakan padang adalah tantangan tersendiri dan ketika tersaji, rasanya tidak sabar untuk segera dinikmati. 

Menu Telur Balado

Satu langkah kecil untuk mengenal kuliner khas Sumatera Barat bisa dimulai dengan belajar cara membuat resep telur balado terlebih dahulu. Inilah salah satu makanan khas daerah yang mudah dibuat!

Istimewanya Resep Telur Balado

Hampir semua protein ada resep olahannya di masakan Minang, dan telur ayam juga tidak ketinggalan tentunya. Telur balado bahkan seperti sudah dikenal sebagai masakan Indonesia secara umum. Dari masakan rumahan, warteg, hingga restoran – ada saja hidangan yang satu ini dalam menu sehari-harinya.

Bahkan resep telur balado dapat dengan mudah bersinergi dengan masakan-masakan lainnya. Sajian ini sering dipilih sebagai pendamping untuk sarapan nasi uduk ataupun nasi kuning di pagi hari. Jangan lupa tambahkan Kecap manis pada sambal baladonya agar sajianmu semakin rancak bana.

Mudahnya Memasak Resep Telur Balado

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak makanan khas daerah yang mudah dibuat ini merupakan yang sering kita pakai. Tomat, kemiri, cabai dan bawang yang menjadi tulang punggung makanan pedas ini bisa ditemukan di dapur setiap saat. Jadi kamu bisa selalu masak telur balado sebagai opsi untuk masak darurat. 

Kalau Bunda ingin coba membuatnya, berikut cara membuat telur balado :

Bahan

-6 butir telur ayam, rebus dan kupas kulitnya

-1 sdt kecap manis

-Garam secukupnya

-Gula secukupnya

-Bumbu yang dihaluskan:

-10 butir bawang merah

-Segenggam cabai, rawit dan keriting

-1 buah tomat

Cara Membuat

1. Goreng telur rebus sampai berkulit. Jika sudah, sisihkan sebentar.

2. Tumis bumbu halus sampai harum dan bau langunya hilang. Tambahkan garam dan gula secukupnya, serta kecap manis. Jika di rasa terlalu kering, Bunda bisa tambahkan sedikit air.

3. Jika menurut Bunda rasanya masih akan terlalu pedas, Bunda bisa tambahkan kecap manis sesuai dengan selera.

4. Jika sudah matang, masukkan telur yang sudah digoreng. Aduk rata kemudian sajikan di piring saji ya, Bunda.

5. Telur balado pedas manis buatan Bunda siap disantap sebagai menu buka puasa yang menggugah selera. Selamat mencoba ya

Semoga bermanfaat!

Next Post Previous Post