Makanan dan Buah untuk Melancarkan Asi

pelancar asi

Weakendo - Salah satu cara memperbanyak produksi ASI (air susu ibu) secara alami yang bisa dijajal adalah mengonsumsi asupan laktogenik.

Asupan laktogenik adalah jenis makanan atau minuman yang bisa jadi pelancar ASI alami.

Namun, terkadang ada sejumlah penyebab produksi ASI pada ibu menyusui menjadi tidak lancar atau turun.

Berikut beberapa penyebab di antaranya:

  • Ibu kurang istirahat
  • Ibu memutuskan untuk diet, sehingga nutrisinya menjadi kurang
  • Pilihan cara KB yang salah
  • Ibu mengalami stres
  • Bisa karena mencampur pemberian ASI dengan susu formula
  • Ibu merokok

Berikut beberapa makanan dan minuman potensial pelancar ASI alami yang cocok dikonsumsi para ibu menyusui:

1. Wortel

Melansir Mom Junction, kandungan zat fitoestrogen dalam wortel membuat sayuran kaya serat ini potensial digunakan sebagai pelancar ASI. Pastikan ibu menyusui mengonsumsi sayuran ini dalam menu sehari-hari.

2. Sayuran Berdaun Hijau

Selain wortel, sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, sawi, selada, brokoli, dll. juga mengandung fitoestrogen yang bisa digunakan untuk memperbanyak ASI.

3. Oatmeal

Oatmeal atau bubur gandum dapat memperlancar ASI dengan cara meningkatkan kadar hormon oksitosin. Ibu menyusui bisa mengonsumsi oatmeal dalam bentuk bubur, camilan, kue, atau roti.

4. Jintan

Jintan termasuk rempah-rempah yang bermanfaat untuk melancarkan ASI. Ibu menyusui bisa mengonsumsi air jintan atau menggunakan jintan sebagai campuran bumbu masakan.

5. Pare

Di balik rasanya yang pahit dan getir, sayuran pare juga bisa membantu para ibu menyusui memperbanyak ASI.

6. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan protein, vitamin D, B12, dan asam lemak omega3 yang baik untuk bayi dan ibu menysuui. Penelitian menunjukkan, ikan dari lautan dalam ini potensial sebagai pelancar ASI.

7. Daun Kelor

Kandungan kalsium dan zat besi dalam daun kelor membuat asupan ini bisa membantu para ibu menyusui memperbanyak ASI. Selain itu, sayuran ini juga baik digunakan untuk membantu pemulihan setelah operasi persalinan.

8. Tahu

Tahu mengandung zat fitoestrogen yang potensial digunakan sebagai pelancar ASI. Ibu menyusui bisa mengonsumsi tahu sebagai lauk atau camilan sehari-hari.

9. Wijen

Biji wijen kaya akan protein, kalsium, serat, serta senyawa quercetin dan sesamin yang bisa membantu memperbanyak ASI. Ibu menyusui bisa makan satu sendok biji wijen yang diseduh dengan air hangat, atau konsumsi wijen yang ditaburkan ke dalam makanan sehari-hari.

10. Almond

Tak hanya bernutrisi, kacang almond juga dapat digunakan sebagai pelancar ASI karena mengandung zat yang bisa merangsang produksi ASI. Ibu menyusui bisa mengonsumsi susu almond, makan camilan kacang almond, atau mengonsumsi makanan yang bertabur almond.

11. Jahe

Selain menghangatkan tubuh, jahe juga dapat memperbanyak produksi ASI. Ibu menyusui bisa minum seduhan jahe atau menambahkan rimpang jahe ke dalam masakan sehari-hari.

12. Kunyit

Selain jahe, kunyit juga termasuk rempah-rempah yang mudah didapatkan dan bisa jadi pelancar ASI alami. Ibu menyusui bisa minum seduhan kunyit, atau makan makanan berbumbu kunyit.

13. Pepaya

Pepaya termasuk salah satu buah yang mengandung senyawa laktogenik atau pelancar ASI. Penelitian menunjukkan, buah dan daun pepaya bisa membantu memperbanyak produksi ASI.

14. Kurma

Kurma dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin dan memperlancar produksi ASI. Ibu menyusui bisa mengonsumsi kurma sebagai camilan atau menambahkannya sebagai topping bubur dan hidangan penutup.

15. Nasi merah

Nasi merah termasuk jenis karbohidrat kompleks yang bisa membantu memperbanyak ASI. Ibu menyusui bisa mengonsumsinya sebagai pengganti nasi putih biasa.

16. Asparagus

Melansir Parenting FirstCry, Sayuran yang biasanya digunakan untuk sup atau tumisan ini mengandung zat yang bisa merangsang hormon untuk memproduksi ASI.

17. Ubi

Sumber karbohidrat pengganti nasi ini mengandung vitamin C, B-kompleks, dan magnesium yang baik untuk memperbanyak ASI ibu menyusui.

18. Bit

Bit termasuk umbi-umbian yang kaya serat, bergizi tinggi, dan bisa digunakan sebagai pelancar ASI.

19. Semangka

Buah segar dan banyak air ini juga dapat membantu memperbanyak ASI. Selain itu, semangka juga mengandung serat, fruktosa, dan mineral penting untuk para pejuang ASI.

20. Teh Hijau

Pelancar asi yang potensial dan kaya antioksidan lainnya yakni teh hijau. Seduhan minuman ini bisa membuat pikiran rileks, membantu menjaga kelancaran darah, dan mengontrol kolesterol.

Jika ibu menyusui merasakan pasokan ASI-nya tetap seret meksipun sudah mengonsumsi beragam makanan dan minuman pelancar ASI di atas, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan konsultan laktasi atau dokter yang menangani.

Next Post Previous Post